Jumat, 05 Juni 2015

Kamu Ikut Golongan yang Mana?


قُلۡ هَٰذِهِۦ سَبِيلِيٓ أَدۡعُوٓاْ إِلَى ٱللَّهِۚ عَلَىٰ بَصِيرَةٍ أَنَا۠ وَمَنِ ٱتَّبَعَنِيۖ وَسُبۡحَٰنَ ٱللَّهِ وَمَآ أَنَا۠ مِنَ ٱلۡمُشۡرِكِينَ ١٠٨
Artinya:
“Katakanlah: "Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik". (Q.S. Yusuf 12:108)
            Isi kepala tiap-tiap orang memang tidaklah selalu sama. Dari situlah kemudian melahirkan pemikiran yang berbeda-beda tentang Islam.
Akhirnya Islam terpecah belah menjadi beberapa firqah (golongan). Barawal dari rasa ketidakpuasan dan kesalahpahaman kemudian memutuskan untuk membentuk golongan tersendiri sebagai tandingannya. Sebenarnya hal ini menyelisi ajaran Al Qur’an berikut ini.
وَٱعۡتَصِمُواْ بِحَبۡلِ ٱللَّهِ جَمِيعٗا وَلَا تَفَرَّقُواْۚ وَٱذۡكُرُواْ نِعۡمَتَ ٱللَّهِ عَلَيۡكُمۡ إِذۡ كُنتُمۡ أَعۡدَآءٗ فَأَلَّفَ بَيۡنَ قُلُوبِكُمۡ فَأَصۡبَحۡتُم بِنِعۡمَتِهِۦٓ إِخۡوَٰنٗا وَكُنتُمۡ عَلَىٰ شَفَا حُفۡرَةٖ مِّنَ ٱلنَّارِ فَأَنقَذَكُم مِّنۡهَاۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ ٱللَّهُ لَكُمۡ ءَايَٰتِهِۦ لَعَلَّكُمۡ تَهۡتَدُونَ ١٠٣
Artinya:
“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk”. (Q.S. Ali Imran 3:103)
            Seharusnya umat Islam bersatu padu dalam rajutan ukhwuah islamiyah. Tidak perlu bergolong-golongan kemudian saling salah-menyalahkan. Sebab dengan bergolong-golongan tersebut kekuatan umat islam juga menjadi terpecah pula. Ibarat sapu lidi yang sulit untuk dipatahkan ketika lidi-lidi itu terikat menjadi satu. Namun ketika ikatan itu dilepas kemudian lidi itu tercecer maka lidi tersebut dapat dengan mudahnya kita patahkan. Begitulah kira-kira kondisi umat islam sekarang ini. Menjadi seperti buih di lautan yang terombang-ambing kesana-kemari. Palestina sukses diporak-porandakan oleh Israel. Di Myanmar, etnis Budha mewacanakan penghapusan ras Rohingnya. Deskriminasi nama Muhammad dan Ali di bandara Soekarno-Hatta. Wacana penghapusan kolom agama di KTP, kurban dilarang di sekolah-sekolah, situs-situs Islam diblokir tanpa alasan dan masih banyak lagi.
            Sejumlah fakta tak terbantahkan di atas sebagai sebuah bukti melemahnya kekuatan umat Islam menghadapi kekuatan kafirin sebagai sebuah akibat dari perpecahan umat Islam menjadi beberapa firqah (golongan). Tiap-tiap golongan bukan berjuang atas nama Islam melainkan berjuang atas nama golongannya tersebut.
Ahlussunnah wal Jama’ah, The Right Manhaj
            “Umat Islam terpecah”. Merupakan suatu realitas nyata yang tidak mungkin lagi kita tutup-tutupi. Dari hari ke hari perpecahan ini makin tidak terkendalikan. Golongan demi golongan baru bermunculan. Hal ini sebenarnya telah jauh-jauh di-nubuwahkan (diramalkan) oleh Rasulullah SAW sebagaimana dalam hadist berikut ini.
عَنْ أَبِيْ عَامِرٍ الْهُوزَنِيْ عَنْ مُعَاوِيَّةَ بْنِ أَبِيْ سُفْيَانَ أَنَّهُ قَامَ فِيْنَا فَقَالَ أًلا إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ فِيْنَا فَقَالَ : أَلا إِنَّ مِنْ قَبْلِكُمْ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ افْتَرَقُوْا عَلٰى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِيْنَ مِلَّةً، وَإِنْ هَذِهِ الْمِلَّةَ سَتَفْتَرِقُ عَلٰى ثَلاثِ وَسَبْعِيْنَ اثْنَتَانِ وَسَبْعِوْنَ فِي النَّارِ وَوَاحِدَةٌ فِي الْجَنَّةِ وَهِيَ الْجَمَاعَةُ
Artinya:
Dari Abu ‘Aamir Al-Huzaniy, dari Mu’awiyyah bin Abi Sufyan bahwasannya ia (Mu’awiyyah) pernah berdiri di hadapan kami, lalu ia berkata : Ketahuilah, sesungguhnya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam pernah bediri di hadapan kami, kemudian beliau bersabda : “Ketahuilah, sesungguhnya orang-orang sebelum kamu dari ahli kitab (Yahudi dan Nashrani) terpecah menjadi 72 (tujuh puluh dua) golongan, dan sesungguhnya umat ini akan terpecah menjadi 73 (tujuh puluh tiga) golongan. (Adapun) yang tujuh puluh dua akan masuk neraka dan satu golongan akan masuk surga, yaitu ”Al-Jama’ah”.
Imam Tirmidzi meriwayatkan dalam Kitaabul-Iman, bab Maa Jaa-a fi-Iftiraaqil Hadzihil-Ummah No. 2779 dari shahabat ’Abdullah bin ’Amr bin Al-’Ash dan Imam Al-Laalikaa’i meriwayatkan dalam kitabnya Syarah Ushuulil-I’tiqad Ahlis-Sunnah wal-Jama’ah I:99 No. 147 dari shahabat dan dari jalan yang sama, dengan ada tambahan pertanyaan, yaitu : ”Siapakah golongan yang selamat itu ?”. Beliau shallallaahu ’alaihi wasallam menjawab :
مَا أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِي
Artinya:
“Ia adalah golongan yang mengikuti jejakku dan jejak para shahabatku”.[1]
            Menjadi muslim yang tidak bergolongan di era ini merupakan suatu kemustahilan. Semuanya, mau atau tidak mau tetap bergolongan. Termasuk orang-orang yang tidak mau bergolongan apapun sebenarnya secara tidak langsung telah mengolongkan dirinya. Lebih tepatnya golongan orang yang tidak mau bergolongan.
            Karena tidak bergolongan itu merupakan sebuah kemustahilan maka pastikan bahwa kita termasuk kedalam golongan yang selamat atau firqatun najiyah. Golongan yang selamat itu menurut hadist di atas adalah ahlussunnah wal jama’ah. Lalu siapakah Ahlussunah wal jama’ah tersebut?
            Ahlussunah wal jama’ah bukanlah NU (Nahdhatul ‘Ulama), Muhammadiyah, Salafi/Wahabi, HT (Hizbut Tahrir), Persis (Persatuan Islam), Jama’ah Tabligh, FPI (Front Pembela Islam) atau ormas yang lain. Namun bisa jadi pula ada salah satu dari ormas tersebut yang termasuk ke dalam Ahlussunnah wal Jama’ah jika apa yang mereka ajarkan sesuai denmgan ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah . Sebutan Ahlussunah wal Jama’ah bukanlah milik suatu ormas atau lembaga.  Ahlussunnah wal Jama’ah adalah suatu julukan bagi orang-orang yang senantiasa mengikuti risalah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Tidak pernah menyelisihi Rasulullah SAW sedikitppun dan tidak membuat hal-hal baru dalam ibadah (bid’ah). Akan tetapi selalu berpegang teguh bagaikan menggigit sunnah dengan gigi gerahamnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar